Moga Menjadi Manfaat

Berharap menjadi Hamba-Nya yang terus menebar kebaikan... Menebar manfaat dan Ilmu... Semoga bisa menjadi amal baik tuk di akhirat nanti... Amin...

Friday, September 29, 2006

BUAH - BUAHAN PENGANTAR BERBUKA

Pertahanan Tubuh dengan Kurma
Kurma mengandung unsur gula yang sangat tinggi hingga 70 %, juga mengandung 3 % protein, 15% lemak (non kolesterol), serat, dan vitamin. Kurma juga mengandung unsur potasium dan magnesium hingga ia sangat ampuh untuk pertahanan tubuh dari penyakit kanker. Riset ilmiah terbaru juga menyatakan bahwa kurma mengandung Zat Oxitocin yang dapat meguncupkan rahim dan membantu mempermudah proses melahirkan, dan dapat membantu mencegah pendarahan setelah melahirkan. Ia adalah Zat yang dapat melunakkan, dan secara medis dapat diketahui bahwa unsur nabati yang bisa melunakkan, berguna untuk mempermudah dan mengamankan proses kelahiran dengan membersihkan colon.
Hal ini menjadi bukti akan rahasia perintah Allah dalam QS. 19: 23-26.

Lancar Buang Air Besar dengan Mentimun/Timun suri
Timun Suri atau melon sayur dapat digunakan untuk mencegah kanker, dan memulihkan tenaga. Buahnya mengandung zat-zat : saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1 dan C dan biji buah mentimun mengandung banyak vitamin E (menghambat penuaan dan menghilangkan keriput). Kandungan seratnya yang tinggi berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun. Mentimun juga mengandung kukurbitasin C yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah hepatitis.

Blewah, Kaya Vitamin D
aging buah kuning kemerahan dengan tingkat kemanisan sangat rendah (3 - 5% brix), hingga cocok untuk penderita diabetes; kandungan airnya berlimpah (92 - 96%); memuat banyak vitamin C (90 mg); kaya akan karotin (9.240 UI) yang baik bagi kesehatan mata. Vitamin C dan karotin bisa bertindak sebagai antioksidan, yang dapat diandalkan untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, mampu menurunkan demam, menanggulangi penyakit crohn, radang usus regional atau autoimmunedisorder; serta mulas-mulas.

Pisang, Obat Berbagai Penyakit
Nilai kalori pisang terbilang lumayan (antara 68-146 kalori/100 gr). Seratnya terdiri dari selulosa, pektin, dan hemiselulosa yang dapat menurunkan kolesterol darah, melindungi jantung, serta dijadikan wahana pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Bahan-bahan ini akan mempengaruhi motilitas (daya gerak) saluran pencernaan. Kandungan mineralnya yang menonjol adalah kalium. Sebuah pisang kira-kira memiliki 440 mg. Kalium berfungsi antara lain untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu pengiriman oksigen ke dalam otak. Dapat pula menghindarkan konstipasi, tenggorokan kering dan susah menelan, hemoroid hingga tak jarang terjadi perdarahan, hipertensi, paru-paru rasa terbakar disertai sesak napas dan batuk-batuk, nyeri bengkak, seperti bisul, sakit pada waktu bangun pagi, setelah mabuk berat.

Kolang-kaling, Cadangan Energi.
Dari sisi gizi, nilai kalori kolang-kaling tidak seberapa, tetapi kandungan airnya terbilang berlimpah. Unsur lain yang dimilikinya adalah pati merupakan komponen yang banyak terkandung dalam tanaman, berfungsi sebagai cadangan energi dan penguat tekstur. Melalui proses pemanasan, baik pembakaran maupun perebusan (biasa dilakukan saat proses pengambilan), pati akan mengental dan membentuk gel, dinamakan pregelatinized starch. Pati seperti ini sangat sulit dicerna dan bisa menyebabkan cepat kenyang

Sumber : Annida

0 Comments:

Post a Comment

<< Home