Moga Menjadi Manfaat

Berharap menjadi Hamba-Nya yang terus menebar kebaikan... Menebar manfaat dan Ilmu... Semoga bisa menjadi amal baik tuk di akhirat nanti... Amin...

Monday, October 09, 2006

Membiasakan Si Kecil Hidup Sehat

Setiap orang tua tentunya mengharapkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Pemenuhan gizi yang seimbang, lingkungan yang sehat dan bersih serta pendidikan yang baik, merupakan hal penting yang selalu diupayakan agar si kecil dapat memiliki masa depan yang cerah.

Tetapi ada hal penting lainnya yang seringkali terlupakan, yaitu membiasakan si kecil hidup sehat. Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi pola hidup sehat yang diterapkan sejak usia dini dapat membuat anak tumbuh lebih sehat dan aktif.

Untuk menerapkan pola hidup sehat pada si kecil, mulailah dari hal-hal sederhana yang dilakukan secara rutin sehingga mereka akan terbiasa, seperti:

Membiasakan sarapan pagi
Sarapan pagi sangat penting agar si kecil memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas hingga siang hari. Bagi anak yang sudah memasuki usia sekolah, sarapan pagi berguna untuk meningkatkan konsentrasi mereka dalam belajar. Jika si kecil enggan sarapan karena malas atau belum merasa lapar, hidangkan makanan yang mereka sukai, seperti sereal dan susu yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap atau roti panggang dengan selai kacang.

Mengkonsumsi sayuran, buah dan susu
Sayuran mungkin jenis makanan yang paling dijauhi oleh si kecil, karena mereka mungkin lebih menyukai makanan gurih berlemak seperti fried chicken atau french fries. Padahal, konsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat menyebabkan si kecil menderita obesitas. Untuk itu, sajikan sayuran sebagai menu utama dengan berbagai variasi agar si kecil mau mengkonsumsinya.

Berikan pula buah-buahan segar sebagai pengganti camilan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka. Dan, biasakan pula si kecil minum dua gelas susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Selain membantu pertumbuhan tulang mereka, mengkonsumsi susu secara teratur juga dapat mencegah penyakit osteoporosis di usia dewasa.

Berolahraga
Luangkan waktu Anda untuk berolahraga bersama si kecil. Ajaklah ia bermain lempar bola, atau jika sudah agak besar, ajaklah bersepeda atau berenang. Jadikanlah olahraga sebagai aktivitas rutin Anda sekeluarga setiap minggu. Si kecil pun akan akan terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik yang berguna untuk menguatkan tulang mereka.

Mencuci tangan
Mencuci tangan adalah langkah pertama untuk mencegah tersebarnya kuman, seperti bakteria dan virus. Latihlah si kecil untuk selau mencuci tangan setiap kali akan makan, sesudah dari kamar mandi, sehabis bermain dengan binatang peliharaan dan setelah bermain di luar rumah. Berikut adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar:

Cucilah tangan dengan air hangat untuk membunuh kuman
Kemudian gosoklah tangan dengan sabun selama 10 hingga 15 detik
Basuh, dan keringkan dengan handuk bersih Peran Anda sebagai orang tua akan sangat menentukan pola hidup sehat pada anak. Untuk itu, bimbinglah si kecil dan berikan contoh nyata cara hidup sehat dalam keseharian, terutama saat Anda di rumah bersama mereka.


Sumber : Sahabat Nestle

0 Comments:

Post a Comment

<< Home